Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengetahui pelayanan Balai Besar Rehabilitasi BNN berdasarkan tingkat kepuasan dari penerima layanan yang diukur dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Hasil survei IKM Tahap I pada bulan Maret – April 2020 menunjukkan bahwa pelayanan Balai Besar Rehabilitasi BNN berada pada mutu pelayanan A dengan kinerja “Sangat Baik”. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dari 9 (sembilan) unsur IKM sebesar 3,54.

Tindak Lanjut Hasil Survei Eksternal Balai Besar Rehabilitasi Tahap I TA. 2020 menunjukan hasil yang sangat baik (A). Dengan hasil ini dan beberapa saran yang diberikan melalui kuisioner, maka Balai Besar Rehabilitasi BNN telah menindaklanjuti dengan beberapa rekomendasi untuk segera melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya:

  1. Responsif terhadap pandemik Covid-19 agar klien terlindungi dan diberikan edukasi.
  2. Perlunya mempersingkat waktu pelayanan.
  3. Perbaiki fasilitas dan kebersihan prasarana.
  4. Tingkatkan kualitas layanan dan edukasi bagi klien.
  5. Tingkatkan kompetensi, keramahan, dan konsentrasi petugas.
  6. Layanan Pendidikan formal yang terintegrasi dengan layanan rehabilitasi.
  7. Layanan Pendidikan ketrampilan bekerja dan pemberdayaan kerja setelah selesai rehabilitasi.
  8. Menindak lanjuti saran yang diberikan responden sebagai upaya proses perbaikan (continues improvement) sehingga terjadi peningkatan kualitas layanan di Balai Besar Rehabilitasi BNN. Hal ini mencakup meningkatkan sosialisasi mengenai BNN dan rehabilitasi, kehigienisan makanan, prosedur pengaduan, profesionalisame dan keramahan petugas, sarana prasarana, dan sistem kualitas layanan.
  9. Dengan adanya dukungan yang semakin optimal dari Pemerintah dan impelementasi ISO 9001 dan 14001, kualitas layanan dari hari ke hari diharapkan semakin meningkat baik dari segi sumber daya manusia, sarana prasarana, sistem kualitas layanan, pengelolaan sumber daya dan kematangan organisasi secara umum.